Update Google Chrome Terbaru Janjikan Hemat Baterai pada Laptop

Browser milik Google yakni Chrome sudah lama memiliki reputasi menguras baterai laptop. Hal ini terutama bagi user atau pengguna yang suka membuka banyak tab.

Namun melansir dari Engadget yang mengutip laporan dari TheWindowsClub, update terbaru dari Chrome akan lebih hemat baterai. Pasalnya kini sedang diuji coba sebuah fitur baru di mana Chrome 86 akan mereduksi pemakaian daya lewat dimatikannya Javascript untuk timer dan tracker kala tab sedang dibuka di latar belakang.

Timer dan tracker ini salah satu pengaplikasiannya adalah memeriksa posisi scrolling yang Anda tinggalkan dalam sebuah tab.

Google menggklaim bahwa cara ini dapat menghemat dua jam daya baterai laptop dalam sebauh uji coba dengan 36 tab terbuka di latar belakang dan satu buah tab yang tidak diisi.

Uji coba ini berlaku jika membuka tab yang kebanyakan berisi teks, bukan media. Jika Anda membuka video Youtube secara intensif di banyak tab, Google menjanjikan penghematan selama 36 menit.

Disebut bahwa pembaruan ini akan segera muncul di versi desktop dan juga mobile. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa ketika pembaruan Chrome terbaru bergulir, fitur ini sudah langsung muncul secara masal mengingat hal ini masih dalam tahap uji coba.

Apple dan Microsoft sudah memasarkan peramban besutannya dengan berbagai fitur penghematan daya karena absennya hal ini di Chrome. Safari sendiri diklaim sebagai peramban yang menghabiskan daya paling sedikit, sementara Microsoft Edge jadi yang paling ringan.